panelarrow

Skill Agent Robotic

Komunitas Robot Indonesia adalah salah satu komunitas yang memanfaatkan pembentukan forum sebagai sarana pembelajaran. Bermula dari banyaknya peminat robot di indonesia

Jenis-jenis Mesin Pemotong Kain

Mesin pemotong kain merupakan salah satu alat penting dalam insudtri pakaian. Mesin tersebut pun bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, karena ada berbagai macam pemotong kain dengan kegunaan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mulai belajar menjahit, maka salah satu yang perlu dipelajari di awal adalah tentang berbagai jenis alat pemotong kain ini dan apa kegunaannya. Pengetahuan mengenai mesin jahit akan memudahkan Anda dalam belajar menjahit. Nah, jika belajar menjahit biasanya perlu untuk mendaftar dan mengikuti kursus, maka untuk mendapatkan pengetahuan tentang mesin jahit lebih mudah dilakuka. Anda bisa mempelajari berbagai hal tentang mesin jahit melalui internet. Sambil mencari tempat kursus jahit yang tepat untuk Anda belajar menjahit, mari tambah pengetahuan tentang mesin jahut terlebih dahulu. Kita bisa memulainya dengan mengetahui jenis jenis alat pemotong kain untuk kali ini. Selanjutnya terus tambah pengetahuan Anda tentang berbagai hal lainnya.


Jenis pemotong kain yang pertama adalah straigh cutter. Pemotong kain yang satu ini merupakan jenis pemotong yang memiliki mata pisau berbentuk lembaran plat baja lurus. Plat baja tersebut berukuran sekitar 5 sampai 14 inci. Cara kerjanya naik turun untuk memotong lembaran kain dalam jumlah tertentu tergantung kapasitas masing-masing mesin. Selanjutnya adalah jenis band knife. Pemotong kain yang satu ini memiliki mata pisau pipih yang saling menyambung antara dua ujungnya. Dalam kerja memotong, mata pisaunya dikontrol oleh roda penggerak di mana roda tersebut dapat menjaga ketegangan lembaran mata pisau.

Jenis ketiga adalah rotary cutter. Mata pisau dari mesin pemotong ini berbentuk piringan. Diameter piringannya yaitu sekitar 2,5 sampai 10 inci. Kerjanya memotong dengan memutar. Potongan yang dihasilkan oleh pemotong kain jenis ini cenderung lebih rapi dan akurat. Jenis keempat yaitu die cutting press yang mata pisaunya berbentuk pola komponen. Mata pisaunya digerakkan dengan hidrolik. Jika akan memotong bagian yang memerlukan ketelitian tinggi seperti kerah, klep, manset, kantong, dan sebagainya, maka pemotong kain inilah yang tepat digunakan. Terakhir adalah lasser knife yang merupakan mesin pemotong kain otomatis generasi terbaru. Mesin pemotong tercanggih untuk saat ini dengan memanfaatkan teknologi lasser.